Beragam Tipe si Android


Sejak awal kemunculan Android hingga sekarang telah berkembang beberapa versi dari versi 1.1 hingga yang terbaru 4.0, masing-masing versi oleh pihak Google diberi nama yang menyerupai nama makanan kecil / Dessert. Dan setiap versi berurutan alfhabet pada huruf depan versi tersebut. Untuk lebih detailnya, adalah sebagai berikut:

a. Android versi 1.1
Dirilis pada 9 Maret 2009, versi ini dilengkapi dengan pembaruan pada aplikasi, jam alarm, voice serach (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail dan pemberitahuan email.

b. Android versi 1.5 (Cupcake)
Versi ini dirilis pada pertengahan Mei 2009, terjadi pembaruan sekaligus penambahan beberapa fitur, antara lain kemampuan untuk merekam dan menonton video dengan modus kamera, dukungan Bluetooth A2DP, berkemampuan untuk terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.

c. Android versi 1.6 (Donut)
Android versi Donut dirilis pada September 2009, yang memiliki keunggulan mampu untuk menampilkan proses pencarian yang lebih baik dari versi sebelumnya, penggunaan baterai indicator dan control applet VPN. Pada versi ini juga memiliki fitur galeri yang memungkinkan user untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder, dan galeri yang diintegrasikan; CDMA/EVDO, VPN, Gestures, dan Text-To-Speech engine; kemampuan dial kontak; pengadaan resolusi WVGA.

d. Android versi 2.0/2.1 (Éclair)
Pertama dirilis pada tanggal 3 Desember 2009, terdapat perubahan fitur pada versi Éclair, yaitu pengoptimalan hardware, perubahan User interface(UI) dengan browser baru dan dukungan dari HTML5, daftar kontak baru, peningkatan Google Maps 3.1.2, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.

e. Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)
Android versi Froyo dikeluarkan pada tanggal 20 Mei 2010. Pada versi ini terjadi perubahan yang meliputi optimasi kecepatan, memori dan kinerja sistem operasi secara keseluruhan, dukungan untuk menginstal aplikasi pada memori eksternal, adanya Adobe Flash 10.1 serta fungsi USB tethering maupun Wi-Fi hotspot.

f. Android versi 2.3 (Gingerbread)
Diluncurkan pertama kali pada tanggal 6 Desembar 2010. Terdapat peningkatan manajemen daya, control melalui aplikasi, penggunaan multiple kamera, peningkatan performa serta penambahan sensor seperti gyroscope.

g. Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
Versi Honeycomb dirancang khusus PC Tablet sehingga memiliki User Interface yang berbeda dan mendukung ukuran layar yang lebih besar, selain itu juga memungkinkan penggunaan multiprosesor dan akselerasi perangkat keras untuk grafis. Motorola Xoom adalah tablet pertama yang dibuat dengan sistem operasi ini.

h. Android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich)
ICS diluncurkan pada 19 Oktober 2011.Pada versi ini hamper seperti honeycomb, tetapi ICS dapat dijalankan pada Tablet maupun Smartphone. Terdapat fitur baru pada versi ini, yaitu membuka kunci dengan penegnalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan control, mendukung kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.

sumber: many source (untuk bahan bab 2 landasan teori)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s